Cara Terbaru Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur Dengan Sukses

Posted on

Cara Terbaru Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur Dengan SuksesCara Terbaru Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur Dengan Sukses – Sudah banyak berseliweran di internet cara ternak burung lovebird agar cepat bertelur yang sudah banyak di ketahui oleh para peternak lovebird. Tetapi setelah melalui uji coba yang kami lakukan, terbukti cara terbaru ternak lovebird agar cepat bertelur  dengan sukses kali ini bisa di coba. Sebelum kami membahas cara terbaru ternak lovebird agar cepat bertelur, kita berkenalan dulu yuk dengan burung lovebird. Burung lovebird yang disebut juga dengan burung cinta masuk dalam salah satu jenis spesies genus Agapornis. Di Indonesia burung ini lebih di kenal dengan nama Lovebird. Julukan lovebird di lihat dari kelakuan yang dilakukan oleh burung yang berjodoh dengan menunjukkan tingkah laku saling menyayangi. Sifat pasangan burung lovebird di alam bebas adalah monogami. Umur hidup rata-ratanya adalah 10-15 tahun. Lovebird secara umum mempunyai tinggi 13-17 cm dan berat 40-60 gram, berekor pendek dan memiliki paruh yang besar.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai cara ternak lovebird agar cepat bertelur terlebih dahulu sebelum memulai suatu budidaya lovebird, ada beberapa faktor yang harus di persiapkan terlebih dahulu diantaranya adalah:

1. Kandang untuk lovebird

Kandang merupakan syarat utama dalam memulai suatu usaha ternak burung lovebird. adapun perlengkapan dalam kandang yang harus dipersiapkan sbb:

  • Kandang lovebird
  • Perlengkapan untuk bertelur
  • Tempat pakan lovebird
  • Grid
  • Tangkringan yang harus ada didalam kandang lovebird

2. Pakan Lovebird

Pakan lovebird dapat menentukan pertumbuhan budidaya lovebird.Salah satu cara ternak lovebird agar cepat bertelur yaitu dengan memerikan pakan yang tepat. Pakan lovebird secara umum terbagi menjadi dua, yaitu pakan lovebird untuk indukan dan anakan.

  • Pakan Lovebird Untuk Indukan
    Pakan lovebird indukan harus sangat diperhatikan karena setelah menetas, Lovebird induklah akan menyuapi/ melolohkan makanan yang dikomsumsinya untuk anak-anaknya. Umumnya, Jenis pakan lovebird indukan adalah milet/lifur, gabah padi, canary seed, biji bunga matahari, jewawut, kenari seed, biji sawi, kacang hijau, kacang merah, jagung muda, biji kedelai, taoge, dll.
  • Pakan Lovebird Tambahan
    Sayuran merupakan pakan lovebird tambahan yang bagus dalam cara ternak lovebird agar cepat bertelur.Pakan lovebird tambahan atau extra food (EF) berguna untuk melengkapi makanan pokoknya. Kita tahu bahwa Lovebird tidak hanya membutuhkan energi, tapi juga asupan untuk pertumbuhan dan suara ocehan/nyanyiannya.

Selain vitamin perlu juga lovebird di beri makanan tambahan dari bahan yang alami seperti:

  • Buah-buahan

adalah pakan lovebird tambahan bagi lovebird yang cukup digemari. Buah-buahan yang direkomendasikan diantaranya adalah buah apel, pisang, pir, anggur, stroberi, pepaya, melon kiwi, mangga, dll.

  • Sayuran

Sayuran adalah pakan lovebird tambahan yang paling sering diberikan kepada lovebird. Jenis sayuran yang umum diberikan adalah tomat, jagung muda, wortel, bayam, kecambah, timun, selada air, kangkung dll. Meski sayuran adalah pakan tambahan yang cukup baik bagi lovebird, tapi seharusnya sayuran tidak diberikan di setiap hari. Mengingat sayuran hanyalah pakan tambahan saja.

  • Vitamin dan Mineral

Asupan vitamin dan mineral sangat dibutuhkan oleh lovebird, terutama cara membuat lovebird agar cepat bertelur. Multivitamin diberikan dalam dosis yang kecil dengan cara meneteskan/dicampurkan kedalam minuman.

3. Pemberian Minum Untuk Lovebird

Pemberian air minum kepada hewan peliharaan adalah hal yang sangat penting. Jangan sampai dulur-dulur memiliki hewan peliharaan, namun tidak diberi pakan dan minum. Terlebih jenis burung lovebird secara alami adalah jenis burung yang menyukai air. Air minum bagi lovebird harus bersih, bukan air bekas rumah tangga yang mengandung bahan-bahan berbahaya yang dapat menyebablan lovebird sakit pencernaan. Disarankan lebih baik dulur-dulur memberikan suplemen tambahan agar daya tahan tubuh lovebird menjadi lebih tinggi.

Salah satu faktor penentu cara ternak lovebird agar cepat bertelur yaitu lovebird memiliki nafsu makan yang tinggi dan tidak stress.

4. Proses Penjodohan Lovebird

Cara ternak lovebird agar cepat bertelur yaitu dengan menjodohkan lovebird. Setelah dulur-dulur memiliki lovebird yang siap untuk dijodohkan, maka langkah berikutnya yaitu melakukan proses penjodohan dalam budidaya lovebird. Ada beberapa hal yang dapat dulur-dulur lakukan untuk proses penjodohan lovebird, antara lain:

  • Lovebird Memilih Sendiri Pasangannya
    Jika lovebird memilih sendiri pasangannya, biasanya penjodohan ini di lakukan jika dulur-dulur memiliki banyak lovebird dengan kapasitas kandang lovebird yang luas. Penjodohan ini lebih menghasilkan pasangan yang serasi. Burung yang sudah berjodoh harus dulur-dulur amati setiap hari tingkah lakunya di kandang lovebird.
  • Menjodohkan Lovebird Sesuai Dengan Keinginan Peternak
    Penjodohan lovebird ini biasanya dilakukan ketika dulur-dulur membeli indukan lovebird di tempat yang terpisah. Cara penjodohan ini yaitu dengan selalu mendekatkan kedua lovebird di kandang yang berbeda sampai kedua lovebird menunjukkan ketertarikan.

Cara penjodohan di atas merupakan salah satu cara ternak lovebird agar cepat bertelur dengan sukses

5. Proses Pengeraman Dalam Budidaya Lovebird

Proses pengeraman adalah proses yang sangat penting dalam upaya budidaya lovebird. Proses pengeraman ini terjadi didalam kandang lovebird. Indukan lovebird yang baru pertama kali bertelur dan mengerami kebanyakan sering gagal untuk menetaskan semua telur atau membesarkan karena masih belum memiliki pengalaman. Biasanya kegagalan ini teratasi setelah pengeraman kedua dan seterusnya. Waktu pengeraman lovebird yaitu 21-25 hari, tetapi ada juga yang menetas lebih dari 25 hari karena telur terakhir keluar setelah telur pertama menetas. Rata-rata love bird mengahasilkan 8 butir telur.

Ada beberapa kemungkinan yang dapat mengakibatkan telur tidak menetas antara lain:

Lovebird bejenis kelamin sama (betina).
Lovebird jantan fertile/mandul.
Lovebird terganggu pada saat pengeraman.

Pada masa pengeraman, peran lovebird betina sangat penting sedangkan peran lovebird jantan sesekali masuk ke glodok untuk menyuapi lovebird betina serta untuk berjaga-jaga di pintu masuk glodok.

Beberapa faktor yang harus diantisipasi selama proses pengeraman dan pembesaran anak lovebird diantaranya adalah:

Jangan sering membuka glodok, jika dulur-dulur ingin menghitung jumlah telur dalam glodok cukup sesekali agar burung tidak stress.
Stok makanan lovebird harus selalu ada
Di butuhkan perhatian khusus jika ada anakan yang lebih kecil dari yang lain, karena rentan terinjak dan tidak tersuapi makanan oleh induk.

6. Menghangatkan Kandang Lovebird

Kandang yang dibutuhkan untuk budidaya lovebird disesuaikan dengan jumlah burung yang diternakkan. Sedangkan kandang lovebird dalam jumlah kecil (keluarga kecil), umumnya kandangnya juga berukuran kecil. Misal kandangnya berukuran 20 cm x 20 cm x 25 cm.

Demi menjaga kehangatan kandang lovebird, maka dulur-dulur perlu menyiapkan beberapa bahan yang dibutuhkan. Bahan yang biasa digunakan untuk menjaga kehangat kandang secara alami diantaranya adalah serutan kayu, ranting kecil, serta dedaunan kering di sekitar kandang. Cukup taruh dikandang, nantinya lovebird akan menghiasi sarangnya sendiri. Kandang lovebird yang hangat dapat mempercepat cara ternak lovebird agar cepat bertelur.