Cara Mudah Menjinakkan Burung Lovebird

Posted on

Cara Mudah Menjinakkan Burung LovebirdCara Mudah Menjinakkan Burung Lovebird – Lovebird adalah salah satu burung yang mudah dijinakan ini dikarenakan burung lovebird memiliki hubungan emosional persis seperti kebanyakan burung parrot lainya, sebenarnya ada trik khusus cara mudah menjinakkan lovebird mari kita bahas satu satu metode yang dapat ke praktekan untuk lovebird dirumah yang nakal.Lovebird memang burung yang aktif jadi tidak heran kita semua akan di buat kewalahan sama tingkahnya, alami nya lovebird akan klabakan jika didekati manusia tanda mereka tidak suka dengan kehadiran kita tetapi mungkin anda adalah salah satu orang yang heran ketika melihat burung lovebird yang jinak sama majikanya, bisa di ajak main atau malah lovebird sengaja di lepaskan diruang terbuka dan mereka tidak pergi jauh seakan seperti tau rumahnya dimana.

Ada banyak keuntungan menjinakan lovebird, salah satunya adalah jika kita lengah dan lovebird kabur kemungkinan besar mereka tidak akan jauh terbang mungkin hanya berputar-putar di sekitar rumah kita dan ketika lapar mereka akan kembali ke kandangnya.

Cara Mudah Menjinakkan Burung Lovebird

1. Memotong pangkal sayap

Sebenarnya tahap ini dilakukan bukan untuk menjinakan burung lovebird tetapi paling tidak lovebird tidak dapat terbang jauh dan kita pun bisa mengajak mereka bermain.

2. Memandikan lovebird dengan semprotan

Proses selanjutnya adalah tahap memandikan lovebird, cara ini juga terbilang efektif dimana lovebird sebagai binatang yang suka air akan menikmati saat kita menyemprotkan air dengan spray. Arahkan semprotan ke arah kaki lovebird dahulu lalu setelah itu anda dapat melanjutkan dengan mengarahkan ke badan mereka, lakukan hal ini sampai burung lovebird basah kuyuk. Kenapa hal ini dilakukan? saat sangat basah lovebird akan diam seakan pasrah jika kita sering melakukanya lovebird akan merasa manusia bukan pengganggu.
3. Memandikan dengan cara dipegang

Jika anda belum pernah mencobanya mungkin ini terdengar ekstrim, tetapi hal ini telah banyak menciptakan lovebird jinak, yang perlu anda persiapkan adalah baskom berisi air lalu usap usap air ke badan lovebird durasinya tidak perlu lama yang terpenting lovebird terlihat basah. Yang perlu diperhatikan adalah pastikan anda terbiasa memegang lovebird karena resikonya burung bisa lepas atau jika terlalu memaksa memegangnya burung akan tidak nyaman saat proses ini.

4. Lingkungan
Taruh kandang lovebird di area dimana banyak orang lalu lalang, atau jika perlu tempatkan kandang mereka di dekat jalan raya misalnya. Tahap 4 dan 5 bukan proses penentu lovebird bisa dijinakan tetapi ini bisa membantu lovebird terbiasa dengan kehadiran manusia.
5. Kosongkan sangkar
Kosongkan sangkar jangan biarkan ada pakan, bersihkan sisa sisa pakan yang berjatuhan lakukan ini pada pagi hari jam 7 sampai sekitar 9an, jika lovebird lapar mereka akan melakukan semua hal termasuk mendekati manusia. Taro millet diatas tangan lalu ulurkan ke lovebird yang lapar, tunggu sampai mereka memberanikan diri memakan millet lansung dari tangan kita.

6. Pelihara lovebird sejak dini

Ini adalah metode yang paling sering saya gunakan untuk menjinakan lovebird, kita perlu memisahkan mereka dari induknya saat mereka masih piyik mungkin sekitar umur 10harian, hal ini akan membuat lovebird akan memiliki hubungan emosional terhadap majikanya tetapi ingat kita harus melolohkan pakan menggunakan tangan atau suntikan khusus sampai lovebird bertumbuh dan dapat belajar mencari pakan secara mandiri.