Cara Mudah Mengatasi Lovebird Jawara Melempem Di Arena

Posted on

Cara Mudah Mengatasi Lovebird Jawara Melempem Di Arena

Cara Mudah Mengatasi Lovebird Jawara Melempem Di ArenaCara Mudah Mengatasi Lovebird Jawara Melempem Di Arena. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang bagaimana kecewanya kita saat burung lovebird jawara yang sering konser tiba2 melempem di atas gantangan. Tentu kita semua pemain lapangan pernah mengalaminya. Yang lebih menyedihkan lagi apabila lovebird jawara kita masih baru beli dengan harga mahal dan baru sekali atau dua kali konser kemudian bisu selamanya tanpa kita tahu penyebabnya dan cara menangani. kali ini saya akan mencoba mengulas ciri2 dan cara memulihkan Lovebird Melempem akibat Over Birahi ataupun pengaruh doping obat2 an.

Cara Mudah Mengatasi Lovebird Jawara Melempem Di Arena

Adapun cirri-ciri dari lovebird over birahi dan over dopping sebagai berikut :

1. Lovebird dengan kebiasaan ngekeknya nancep di tangkringan tiba2 sering merambat ataupun turun ke bawah, biasanya setelah itu burung akan mbebek (kalo betina), atau kepalanya manggut2 (klo jantan). (ini biasanya disebut Over Birahi bisa juga karena Over Doping )

2. Disetiap waktu dalam sehari burung lovebird akan bermalas2an, kurang gairah bahkan seperti orang mabuk. (Over Doping)

3. Sering menggigit tangkringan dan jeruji kandang.

4. Bulu banyak yg jatuh atau yang lebih parah lagi mencabut bulunya sendiri.

Tips Cara Merawat Dan Penanganan :

1. Untuk LB yang over birahi dengan posisi Mbebek (betina siap kawin) atau manggut2 (jantan siap kawin) kebanyakan cara efektifnya menurut para suhu adalah di carikan pasangan untuk dikawinkan. Lebih bagusnya perkawinan / pencarian pasangan dilakukan di kandang polier / kandang umbaran, supaya burung dapat mencari pasangan yang disukainya. Hal ini juga berlaku bagi LB yang cabut bulu menurut pengalaman saya.

2. Untuk LB Over Doping + Over Birahi dengan ciri2 selain mbebek + manggut2 seperti keterangan diatas menurut pengalaman saya cara penanganan memang agak lama dan butuh kesabaran. Langkah awalnya adalah dengan memindahkan Burung tersebut ke kandang gantung yang ukurannya lebih kecil.

3. Makanan harian cukup milet putih saja + minum air putih tanpa tambahan EF + vitamin apapun.

4. Mandikan sesering mungkin dengan cara mengguyurkan air dengan selang semprotan tanaman sampai LB basah kuyup. Disarankan 3 x sehari

5. Tambah intensitas Penjemuran, seumpama biasa 1 jam jadi 1,5 jam, sangat efektif awal penjemuran mulai matahari terbit sampai Pukul 12 siang

6. Saat mandi jemur posisi pakan + minum dilepas

7. Setelah selesai ritual mandi jemur pasang kembali pakan + minum, angin2 kan sampai kering lalu kerodong.

8. Lakukan Tips2 ritual diatas sampai kondisi burung kelihatan fit/ bergairah kembali (biasanya burung yang over doping lamanya 2 minggu lebih)

9. Setelah terlihat fit + segar biasanya burung saya masukkan ke kandang umbaran dan tercampur LB lain selama 3 hari – 1 minggu, kemudian baru dimasukkan ke dalam sangkar gantung untuk disetting ulang.

Cara Mudah Mengatasi Lovebird Jawara Melempem Di Arena

Cara Mudah Mengatasi Lovebird Jawara Melempem Di Arena. Dalam Proses setting ulang lovebird ngekek usahakan hindari penggunaan pakan dan vitamin yang menggunakan campuran bahan kimia dan bahan memabukkan. Disarankan untuk menggunakan pakan + vitamin yang mengandung bahan alami / herbal, sehingga tidak mengganggu metabolisme tubuh dan kinerja lovebirds kita kembali.