Cara Mudah Budidaya Ikan Koi Dengan Aquarium Bagi Pemula

Posted on

Cara Mudah Budidaya Ikan Koi Dengan Aquarium Bagi PemulaCara Mudah Budidaya Ikan Koi Dengan Aquarium Bagi Pemula – Ada bermacam cara membudidayakan ikan koi mulai dari menggunakan media kolam hingga aquarium.Dengan keterbatasan lahan, aquarium menjadi media  pilihan alternatif untuk budidaya ikan koi yang bisa dilakukan.Cara Mudah Budidaya Ikan Koi Dengan Aquarium juga memiliki kekurangan dan kelebihan yang harus dipahami.Untuk memelihara ikan koi sebenarnya tidak sulit.Cara Mudah Budidaya Ikan Koi Dengan Aquarium. Salah satu cara budidaya ikan koi adalah dengan menggunakan akuarium. Dengan pertimbangan mudahnya pengamatan dalam mempelajari kebiasaan, tingkah laku, kesehatan, dan hal lain berkaitan dengan ikan koi yang perlu kita ketahui lebih lanjut.

Inilah salah satu kelebihan menggunakan media aquarium, bukan kolam, yaitu kemudahan mengamati ikan koi. Tentu saja ada hal berkaitan dengan akuarium yang perlu kita ketahui sebelum memutuskan menggunakan akuarium untuk merawat ikan koi. Keuntungan lain menggunakan akuarium adalah kemudahan dalam menempatkannya sesuai yang kita inginkan. Dengan kata lain, kita bisa meletakkannya di dalam rumah, misalnya jika kita ingin mempertimbangkan juga untuk menggunakannya sebagai hiasan atau dekorasi rumah yang unik.

Cara Mudah Budidaya Ikan Koi Dengan Aquarium

1. PERSIAPAN AWAL

Tentukan ukuran aquarium yang diinginkan. Ini penting saat kita membeli kaca. Jika desain aquarium ikan koi yang akan dibuat akan difungsikan sebagai dekorasi interior rumah, maka sesuaikan dengan ukuran ruangan anda. Aquarium dapat berfungsi ganda misalnya sebagai meja, rak, atau dekorasi ruangan, jika diletakkan pada posisi yang baik dan tepat. Saat membeli kaca, pastikan mereka menghaluskan bagian sisi potongan agar tidak melukai anda.

2. UKURAN AKUARIUM, BAHAN, DAN ALAT YANG DIPERLUKAN

  • Umumnya, ikan koi memang diletakkan di kolam taman. Nah, jika kita ingin meletakkan ikan koi di dalam akuarium, tentu ukuran menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan.
  • Ukuran akuarium minimal yang disarankan adalah panjang 1,5 meter, lebar 1 meter, dan memiliki kedalaman air kurang lebih 50 cm. Ya, ini ukuran minimal. Tentu lebih besar akan lebih baik bagi ikan koi.
  • Ukuran ini cukup besar untuk ukuran aquarium. Sehingga perlu anda pertimbangkan ketebalan kaca yang digunakan. Agar tidak mudah pecah. Semakin tebal akan semakin baik.
  • Pertimbangkan juga menggunakan rangka besi yang kuat. Intinya upayakan akuarium benar-benar aman dan kuat. Gunakan juga lem kaca yang kuat dan berkualitas baik.
  • Konsultasikan dengan tenaga ahli pembuat akuarium anda jika menggunakan jasa orang lain. Tetapi jika anda memutuskan untuk membuat sendiri, maka ada beberapa hal yang perlu dikuasai.

Berikut ini adalah langkah-langkah membuat sendiri aquarium untuk ikan koi.

Bahan-bahan dan peralatan yang diperlukan:

1. Kaca, plastik transparan, atau bahan sejenisnya sebagai bahan utama. Lebih baik menggunakan jenis kaca anil, yang tidak meninggalkan serpihan kecil bila pecah.
2. Lem kaca dengan Lem silikon
3. Lem tembak
4. pisau cutter
5. Pemotong kaca dan cairan khusus
6. lakban
7. penggaris
8. gerinda
9. spidol
10. obeng
11. skimer
12. kabel
13. Kontainer besar untuk penahan, dudukan saat proses pembuatan

3. PEMBUATAN AQUARIUM

Gunakan dudukan kontainer untuk merangkai akuarium
Rangkai kaca dan gunakan lem silicon untuk melekatkannya
Gunakan lakban untuk membantu melekatkan lem saat awal pemasangan, mengingat lem belum cukup kuat
Gunakan lem sekali lagi untuk menutup rapat semua kobocoran yang mungkin terjadi
Jika diberlukan gunakan kerangka besi di bagian sudut-sudut akuarium untuk menguatkannya
Lengkapi akuarium dengan filter untuk membersihkan air sekaligus sirkulasi air dan udara
Jika perlu, kita bisa tambahkan aksesoris yang diperlukan
Dudukan akuarium dari kayu juga tampaknya bagus untuk membuat tampilan akuarium menjadi lebih ke atas. Ini membuat ikan koi dapat terlihat dari angle yang pas.

4. PEMILIHAN IKAN KOI DI AQUARIUM

Pada dasarnya, ikan koi adalah ikan yang memerlukan area tinggal yang cukup luas. Sehingga, aquarium yang digunakan juga berukuran cukup besar. Maka dari itu, ikan koi yang dipilih untuk diletakkan di aquarium, hendaknya berukuran tidak terlalu besar. Pilih yang berukuran kecil dulu. Baru saat ukurannya sudah mulai besar, ikan koi akan lebih bagus perkembangannya jika di taruh di dalam kolam.

Dalam hal ini, ikan koi berfungsi sebagai ikan hias, maka warna terang dan cerah tampaknya akan cocok di akuarium. Jenis kohaku tampaknya akan cocok, juga ikan koi dengan warna dasar putih, merah, atau orange. Tetapi anda juga bisa memasukkan jenis ikan koi yang lain di dalam aquarium anda. Mengenai variant ikan koi yang begitu banyak telah kita bahas pada artikel sebelumnya tentang jenis-jenis ikan koi.

5. PERAWATAN IKAN KOI DI AKUARIUM

1. Pada awalnya, mungkin karena belum terbiasa di aquarium, ikan koi yang baru dimasukkan akan tampak tidak nyaman. Kedua sisi aquarium yang transparan, seringkali membuat ikan lebih tertekan dan stres.

2. Sehingga, sebisa mungkin di awal memasukkannya, tutup dulu bagian tepi kaca luar dengan sesuatu, dan buka perlahan setiap hari secara bertahap. Sampai akhirnya dalam beberapa hari sudah terbiasa dalam kondisi kaca terbuka.

3. Agar terbiasa dengan lingkungan aquarium yang baru, usahakan memberi makan ikan sedikit demi sedikit tetapi sering. Ini untuk membiasakan ikan dengan anda sebagai tuan baru nya.

4. Pastikan juga filter berjalan dengan baik, agar terjadi pertukaran air dan udara.

5. Jangan lupa untuk mengganti air secara berkala. Untuk menggantinya, gunakan penyedot untuk mengeluarkan air sebagian. lalu masukkan air baru dengan menuangkan secara perlahan agar ikan tidak stress kembali.

6. Jadwal penggantian seminggu sekali tampaknya masih ok. Tetapi dengan mengamati kondisi air dalam aquarium, akan lebih mudah memutuskan waktunya mengganti air atau kah belum saatnya.