Cara Merawat Harian Lovebird Paud Atau Balibu Agar Fighter Di Arena

Posted on

Cara Merawat Harian Lovebird Paud Atau Balibu Agar Fighter Di ArenaCara Merawat Harian Lovebird Paud Atau Balibu Agar Fighter Di Arena – Dalam merawat burung lovebird anakan di butuhkan kesabaran dan keuletan. seperti halnya untuk merawat harian lovebird paud atau balibu agar fighter di arena tidaklah mudah. Butuh waktu cukup lama menjadikan Lovebird Paud cepat fighter dan ngekek panjang di lapangan. Proses perawatan Lovebird tidak semudah membalikkan telapak tangan. Pecinta burung kicau harus jeli memilih bahan Lovebird kekean yang mempunyai sifat fighter dan ngekek panjang yang menjadi faktor penting dalam penilaian lomba Burung Lovebird.

Sebab itu, sebelum memutuskan untuk merawat Lovebird Paud atau Balibu (Bayi Lima Bulan) sebaiknya cari tahu dulu asal usul Lovebird tersebut. Apakah Lovebird tadi berasal dari keturunan indukan Lovebird ngekek panjang, atau hanya indukan Lovebird biasa saja. Sebab, terkadang apa yang kita usahakan dalam melatih Lovebird Paud akan menjadi sia-sia karena Lovebird Paud tadi tidak berasal dari trah jawara. Harga Lovebird Paud hasil ternak indukan jawara pasti lebih mahal daripada Lovebird muda ombyokan di pasar burung. Pasalnya, sudah ada keturunan darah bagus yang tentunya akan menghasil Lovebird Paud yang bagus pula.Kalau Anda sudah yakin, Lovebird Paud peliharaan Anda berasal dari indukan jawara, maka perawatan bisa dilakukan secara maksimal. Keyakinan ini bisa diperoleh dari penjualnya langsung yang sedang mengelola penangkaran indukan Lovebird jawara dan prestasi. Berikut ini cara memilih anakan burung lovebird paud atau balibu agar bermental juara :

1. Usahakan mencari Lovebird Paud yang sehat atau lebih aktif dari Lovebird lainnya. Jangan memilih Lovebird Paud yang padangan matanya terlihat sayu dan sering tidur-tiduran atau kurang fit.

2. Lovebird Paud yang bagus harus memiliki leher panjang dan lebar.

3. Bagian bulu sayap dan ekor Lovebird Paud selalu mengapit rapat dan tidak mekar.

4. Bagian batang kaki tidak cacat atau mulus tidak ada luka. Sementara bagian cakarnya kokoh saat mencengkeram tangkringan.

5. Lovebird Paud juara biasanya sorotan matanya tajam, tidak berair, tidak belekan, dan tidak menderita penyakit snot.

6. Lovebird Paud lebih aktif belajar ngekek dan mulai terlihat fighter.

7. Suara Lovebird Paud lebih kencang dan mudah menyahut saat diputar suara masteran Lovebird melalui MP3.

Cara merawat harian Lovebird Paud atau Balibu Agar Fighter Di Arena :

1. Selama 2-3 minggu Lovebird dimasukkan dalam kandang battery. Dalam perawatan ini, Lovebird Paud diberi dua tangkringan yang masing-masing dikasih pakan dan wadah air. Penggunaan dua tenggeran bertujuan untuk melatih otot sayap dan dada, sehingga penapasan Lovebird Paud lebih panjang. Selain itu, pakan dan wadah air difungsikan agar Lovebird Paud lebih aktif bergerak saat meraihnya.

2. Pakan harian Lovebird Paud cukup milet putih dan jagung muda. Tak hanya itu, dalam beberapa hari sekali Lovebird Paud juga harus diberi pakan tambahan atau extra fooding (EF) berupa kangkung segar, kwaci 5-6 biji yang sudah dikupas, dan egg food untuk meningkatkan stamina.

3. Pemberian pakan tambahan seperti daun bayam, daun gingseng, daun binahong, dan pucuk daun mengkudu. Pemberian pakan tambahan ini tidak boleh terlalu sering hanya beberapa kali saja sesuai kebutuhan Lovebird.
Manfaat jagung muda untuk memperkeras suara Lovebird Paud pada saat lomba. Manfaat daun bayam untuk memulihkan tenaga setelah mengikuti lomba. Manfaat daun gingseng untuk menjaga kesehatan ketika Lovebird terlihat kurang sehat. Manfaat daun binahong untuk mengobati burung yang sedang sakit. Manfaat pucuk daun mengkudu untuk mengkristalkan suara Lovebird Paud dan biar terdengar lebih nyaring.

4. Untuk mandi, Lovebird Paud dimandikan dalam keramba atau bak mandi kecil dalam sangkar. Memandikan Lovebird paud atau balibu secara rutin akan membuat napas dan suaranya menjadi panjang.

5. Setelah mandi, Lovebird dijemur agar lebih sehat dan membantunya menghilangkan kutu atau parasit yang tinggal dalam bulu-bulu Lovebird. Penjemuran Lovebird Paud menjadikannya lebih rajin berbunyi.

Cara  Melatih Mental Lovebird Paud Atau Balibu Agar Fighter Di Arena

1. Cara melatih mental Lovebird Paud bisa dilakukan dengan menempatkan sangkarnya di keramaian, seperti dekat mesin diesel, mesin pengelasan, di pinggir jalan yang penuh dengan lalu lalang motor serta mobil, dan lain-lain.

2. Cara melatih mental Lovebird Paud lainnya bisa dengan masteran burung secara langsung. Maksudnya, Lovebird Paud didekatkan dengan burung yang sering berkicau ramai, di antaranya Kenari, Cililin, Tengkek Buto, dan burung Pelatuk.

3. Lovebird Paud dibawa ke latberan dua minggu sekali untuk menaikkan mental tarungnya. Dengan membawa Lovebird Paud ke gantangan, dia akan terbiasa dan beradaptasi dengan suasana lomba.

4. Anakan Lovebird yang masih muda, sebaiknya jangan terlalu sering dipertemukan dengan Lovebird lain. Hal ini dilakukan agar saat nanti bertemu di koloni atau di lomba maka Lovebird akan langsung buka suara.