Cara Merawat Anakan Lovebird Dengan Terapi Mandi

Posted on

Cara Merawat Anakan Lovebird Dengan Terapi MandiCara Merawat Anakan Lovebird Dengan Terapi Mandi.Untuk sekarang ini pamor burung lovebird masih berada diurutan atas oleh karena itu banyak para lovebird lovers yang saling berburu anakan lovebird untuk di pelihara dan dirawat jadi juara.Hal ini tidak terlepas dari harga jual anakan lovebird yang relatif terjangkau. Secara umum, harga lovebird warna lokal atau standar masih di kisaran Rp 200.000 – Rp 300.000.Adapun tujuan lain memelihara anakan lovebird adalah memberi kesempatan kepadaerawat untuk memaster dan melatihnya, sehingga kelak memiliki performa bagus di lapangan dan menjadi juara.

Anakan lovebird yang masih berumur kurang dari 4 bulan, umumnya masih dalam tahap belajar bersuara. Dalam fase ini, anakan lovebird sudah memiliki kemampuan bersuara ngekek, namun belum maksimal, serta masih dibawakan secara terbata-bata. Hal tersebut masih dianggap wajar.Untuk selanjutnya yang harus dilakukan  adalah melatihnya agar memiliki stamina cukup dan terpancing rajin bunyi.Karena itu,berikut ini Cara Merawat Anakan Lovebird Dengan Terapi Mandi yang harus dilakukan setiap harinya.

Cara Merawat Anakan Lovebird Dengan Terapi Mandi

1. Rutin memandikan burung hingga basah kuyup

Memandikan lovebird hingga basah kuyup dipercaya bisa meningkatkan stamina yang membuatnya lebih rajin berbunyi dengan suaranya panjang.Cara memandikannyapun tidak boleh sembarangan. Berikut ini salah satu tips memandikan lovebird hingga basah kuyup :

  • Pagi hari, sekitar pukul 07.00, burung disemprot hingga basah menggunakan semprotan mandi / sprayer, atau menggunakan karamba / bak mandi jika kebiasaannya selama ini begitu. Yang penting, harus benar-benar dalam kondisi basah kuyup.
  • Setelah itu, burung dijemur hingga pukul 10.00 siang, kemudian dianginkan sebentar (5-10 menit).
  • Semprot kembali burung hingga basah kuyup, lalu dijemur hingga pukul 12.00.
  • Setelah dijemur, burung digantang di tempat teduh atau tempat biasanya.
  • Selama burung bersantai hingga sore hari, Anda bisa melakukan pemasteran dengan memutarkan suara rekaman burung atau menggantang burung masteran tidak jauh dari sangkarnya.

2. Memberikan pakan secara tepat

Dalam pemberian makan pada anakan lovebird diusahakan bervariasi, baik pakan bijian yang biasa dikonsumsi seperti milet putih, juga campuran milet merah dan putih, hemp seed, pellet, kuaci dan sebagainya. Alternatif lain adalah pakan bijian berkecambah. Pakan tersebut memiliki kandungan nutrisi cukup tinggi . Jika hanya diberi milet putih saja, burung cenderung mengalami kegemukan. Selain itu, dengan pakan serasi-seimbang, secara langsung kita sudah memenuhi kebutuhan nutrisinya. Berikan sayuran seperti kangkung, tauge dan jagung muda pada anakan lovebird anda, karena bisa membantu meningkatkan birahinya, sehingga mempercepat proses rajin bunyi. Pakan tersebut bisa diberikan secara bergantian setiap harinya. Buah-buahan bisa diberikan 1-2 kali seminggu.

3. Faktor pendukung lainnya

Faktor pendukung lainnya yang bisa membuat anakan lovebird lebih rajin berbunyi adalah kebersihan dan kesehatan. Dua hal ini cukup berkaitan. Jika sangkar harian selalu kotor, burung mudah mengalami sakit. Pemberian multivitamin dan mineral juga termasuk elemen penting dalam menjaga kondisi burung selalu fit. Sebab hanya burung yang fit yang bisa rajin berkicau.

Cara Merawat Anakan Lovebird Dengan Terapi Mandi

Cara Merawat Anakan Lovebird Dengan Terapi Mandi. Dengan rutin melakukan perawatan di atas, maka dalam beberapa hari atau minggu anakan lovebird akan mengalami perkembangan pesat, misalnya menjadi lebih aktif dan lebih rajin berbunyi.