Cara Menjinakkan Burung Kacer Dengan Air Liur

Posted on

Cara Menjinakkan Burung Kacer Dengan Air LiurCara Menjinakkan Burung Kacer Dengan Air Liur – Burung kacer yang giras memang sering bikin kita kerepotan untuk menghadapi burung kacer yang demikian kita harus sabar merawat burung kacer liardengan benar memerlukan strategi yang tepat. Burung kacer yang terlalu giras umumnya bersembunyi jika sekitarnya sepi, namun ketika ada aktifitas manusia maka burung kacer akan menjadi diam dan enggan berkicau. Burung yang bertingkah giras umumnya adalah burung yang didapat dari tangkapan hutan. Nah agar kegirasan burung bisa diatasi maka perlu cara dan strategi yang tepat, bagaimana cara yang tepat ? Banyak sekali macam cara agar bisa menjinakkan burung kacer.

Cara Menjinakkan Burung Kacer Dengan Air Liur

Ikuti tips praktis di bawah ini yang biasa dilakukan banyak breeder untuk dapat menjinakkan burung kacer.

Pertama, cara yang ketiga ini juga termasuk cara yang unik dengan memandikan burung menggunakan perasan air daun pare atau paria. Untuk bisa melakukan ini Anda harus memperhatikan beberapa hal yaitu ketika memandikan jangan sampai air perasan pare juga ikut terminum, sehingga cara memandikannya harus dipegang atau disemprot.

Kedua, tips ini masuk ke dalam cara yang unik, tetapi hal ini dipercayai banyak orang mampu menjinakkan burung kacer yang giras, yaitu dengan memberi air liur untuk burung secara langsung. Tips tersebut dilakukan agar burung cepat mengetahui pemiliknya, tapi tetap harus diperhatikan agar ketika akan memberi air liur tentang makanan dan minuman yang baru saja Anda konsumsi, jangan mengkonsumsi makanan yang mengandung alkohol.

Ketiga, Biarkan sangkar berada di atas tanah dalam waktu 3 menit agar ia terbiasa dengan lalu lalang manusia, beri makan jangkrik langsung dengan tangan Anda, untuk melakukan itu membutuhkan kesabaran sebab burung belum terbiasa dengan memakan pangan langsung dari tangan Anda, sehingga biasanya para breeder mensiasati dengan menusuk jangkrik menggunakan lidih.

Sangkar sebaiknya dikerodong menggunakan kain tipis dan gantung di tempat yang biasa dilalui manusia hal ini dilakukan supaya kacer terbiasa dan tidak merasa takut dengan manusia. Ketika kacer sudah tenang dengan kondisi yang ada maka kerodong sebaiknya dibuka. Ketika burung kacer sedang istirahat sebaiknya sangkar jangan diletakkan di tempat yang gelap, karena akan memberi bayangan gelap ke burung tentang memori di alam liarnya. Tempatkan kacer di tempat yang terang dengan suasana yang tenang.

Cara Menjinakkan Burung Kacer Dengan Air Liur

Usahakan ketika memandikannya burung sampai basah kuyup, fungsi memandikan burung hingga basah kuyup yaitu :

a. Ketika burung sudah basah kuyup, maka burung hanya bisa diam walaupun manusia bebas berjalan dan beraktifitas di sekitarnya hal itu tidak menjadi ancaman namun penjinakan yang disebut dengan domestikisasi.

b. Mempercepat burung menjadi lapar, dengan menjadwalkan makan burung sehingga burung akan merasa tergantung dengan Anda pemiliknya, dalam waktu yang sama, Anda bisa cepat membuat burung lapar namun tidak akan kekurangan nutrisi. Akan berbeda jika Anda memberi makan burung dengan cukup, dalam hal itu burung benar – benar merasa kurang nutrisi. Jikalau memandikannya menjadikan rasa lapar karena terlalu banyak membakar karbohidrat guna memanaskan tubuh.