Cara Menjaga Suara Burung Lovebird Agar Tetap Stabil Sebelum Lomba

Posted on

Cara Menjaga Suara Burung Lovebird Agar Tetap Stabil Sebelum LombaCara Menjaga Suara Burung Lovebird Agar Tetap Stabil Sebelum Lomba – Memelihara burung lomba seperti Burung Lovebird merupakan hiburan yang menantang karena untuk merawatnya gampang-gampang susah. Apalagi burung lovebird menjelang lomba memerlukan perawatan lebi. Oleh karenanya  harus kita ketahui Cara Menjaga Suara Burung Lovebird Agar Tetap Stabil Sebelum Lomba. Untuk memperoleh hasil yang maksimal terhadap burung lovebird kita di perlukan perawatan harian terhadap burung lovebird secara kontinue. Semisal jangan membiarkan kandang burung lovebird ini tetap kotor dari kotorannya, bukan hanya itu saja terkadang untuk ukuran kandang lovebird ini juga kadang terlihat sempit dan terlalu kecil, maka dari itu saya akan bahas cara atau tips untuk memelihara burung lovebird ini dengan baik dan benar, berikut cara dan tipsnya :

Cara Menjaga Suara Burung Lovebird Agar Tetap Stabil Sebelum Lomba

1. Perawatan Kandang Burung Lovebird

Tdtak beda jauh dari perawatan pada burung lainnya yang memperhatikan kondisi pada kandang atau sangkar burung.kini banyak yang tak rutin ketika menjaga kebersihan sangkar burung, kita harus perhatikan kondisi kebersihan pada sangkar tersebut karena akan menggangu kesehatan sekali bagi burung lovebird ini.

Bersihkan secara rutin kandang burung lovebird ini misalnya kebersihan alas yg buat menampung kotoran dan sisa sisa kotoran dan makanan burung yang karena jika tidak di perhatikan maka banyak penyakit yang akan menyerang si burung lovebird ini seperti penyakit mata atau snot.

Dan sangkar burung lovebird ini kebanyakan di kelilingi oleh kawat dan didasari oleh plastik, dan bukan hanya itu saja kasihlah beberapa aksesoris untuk pelengkap pada burung lovebird misalnya tempat pakan, dan tempat minum. saya rekomendasikan untuk tempat bertenggernya burung lovebird ini juga jangan terlalu besar dan lebih bagus memakai kayu yang alami.

2. Pakan Burung Lovebird

Pakan burung merupakan hal yang penting untuk di perhatikan, terutama pakan pada lovebird tidak sembarangan ketika kalian pecinta lovebird memberikan pakannyapun harus sangat di perhatikan tapi saya sarankan untuk memberikan makanan berupa biji-bijian.

Berikan juga sayuran misalnya kngkung,terlebih lagi ketika lovebird sedang dalam masa proses perkawinan disarnkan memberikan makanan berupa jagung. dan perlu di perhatikan juga jangan kebanyakan memberi pakan pada burung lovebird ini karena juga terbilang burung yang doyan makan alias rakus, dan ini menyebabkan gangguan pada pencernaan si burung lovebird ini

3. Mengecek Kesehatan Burung Lovebird

Bagi para kalian yang baru memelihara burung lovebird perlu di perhatikan sekali kesehatannya karena pastinya kita belum tau kesehatannya dari burung tersebut. sebaiknya saya sarankan untuk di bawa ke dokter hewan untuk pemeriksaan lebih detail, agar terhindar dari virus dan penyakit yang membahayakan.

Dan bukan hanya pada pertama pemeliharaan selain itu juga perlu di perhatikan lagi ketika burung lovebird ini berbeda dari biasanya semisalnya burung lovebird ini lebih terlihat pasif, tidak berkicau riang dari biasanya, maka kita perlu perhatikan dan perlu kita tindak lanjuti untuk kita bawa ke dokter hewan. dan bukan hanya sudah tidak lagi aktif itu juga perlu mengasihkan vaksin pada burung lovebird

4. Meletakan Kandang Diruang yang Tenang dan Pencahayaan yang Cukup

kalian bagi para pecinta lovebird harus meletakan sangkar burung ini dengan tepat, yang saya maksudkan adalah di tempat yang cukup tenang dan pencahayaan yang cukup juga.

dan jangan letakan burung terseut pada tempat yang gelap karena akan membuat burung lovebird kalian bertingkah aneh dan akan menggangu kesehatanya. dan juga jangan letakan pada tempat yang terkena paparan sinar matahari secara langsung. namun pastikan ada waktu tertentu untuk si lovebird ini berjemur sekitar jam 8-10 pagi.

5. Memandikan Burung Lovebird

Agar burung lovebird kalian lebih segar dan fresh perlu kita berikan pemandian secara rutin untuk brung lovebird yang cantik ini. agar terhindar dari virus yang menempel pada bulu-bulunya saya sarankan memakai semprotan yang mengandung cairan sabun anti bakteri.

Lakukan pemandian ini secara perlahan yang pada nantinya air akan menetes dari bulu-bulunya kebawah dan nanti akan terlihat seperti tetesan hujan, agar lovebird ini lebih terbiasa terkena air. dan setelah pemandian selsesai segera keringkan dengan hairdrayer dan sisiri bulunya perlahan.

6. Penjemuran Burung Lovebird

Setelah pemandian selesai, alangkah bainya kita lakukan penjemuran agar lovebird ini sedikit merasa hangat dan lebih fresh lagi, itu trik dan tips agar tetap terjaga keseimbangan tubuhnya. Lebih baik anda menjemur burung lovebird dengan rutin dan pada waktu tertentu jangan menjemur burung lovebird pada saat hujan nanti malah sakit.

Jemur burung lovebird anda pada waktu yang tepat yaitu pada jam – jam tertentu sekitar jam 8 pagi hingga jam 10 pagian , jemur burung lovebird selama 3 jam sehari juga cukup atau anda bisa menjemur burung lovebird pada waktu sore hari agar nantinya yaitu pada jam 3 sore hingga jam 5 sore.

Cara merawat burung lovebird tergolong mudah sebenarnya apalagi jika anda sudah mengenal burung lovebird sejak lama pastinya akan hafal karakteristik burung lovebird dan bagaimana cara merawat burung lovebird dengan benar , namun untuk pecinta burung yang masih pemula terkadang masih bingung bagaimana merawat burung lovebird agar gacor padahal cara nya sangat mudah asalkan anda rutin dan disiplin .