Cara Mengetahui Kelamin Burung Kacer Dari Bulunya

Posted on
Cara Mengetahui Kelamin Burung Kacer Dari Bulunya 

Cara Mengetahui Kelamin Burung Kacer Dari Bulunya – Burung Kacer merupakan burung yang lagi di idolakan oleh para pecinta burung kicau. karena Burung Kacer merupakan salah satu burung dengan mental fighter sejati belum lagi kelihaian kacer dalam mengelolah suaranya yang khas membuat banyak kicau mania terpesona, kebanyakan kicaumania akan memilih kacer jantan karena karakternya yang memang pantas untuk dilombakan, kacer jantan mempunyai banyak variasi kicauan dan biasanya lebih kencang dan nyaring dalam berkicau. Cara Mengetahui Kelamin Burung Kacer Dari Bulunya,Tetapi bukan berarti kacer betina tidak memiliki kemampuan untuk berkicau, kacer betina memiliki kemampuan juga untuk berkicau walaupun variasi suaranya monoton.

Cara Mengetahui Kelamin Burung Kacer Dari Bulunya

1. Kacer jantan

Warna bulu hitam pekat dari badan sampai ke dada
Seperti telah dibahas diatas kacer jantan memiliki karakter suara yang lebih nyaring dan banyak variasi
Lebih aktraktif dan agresif dimana kacer jantan akan membalas kicauan dari kacer lain yang datang ke wilayah terotorialnya atau ada keberadaan kacer betina akan membuat kacer jantan agresif.
Pada posisi diam ekor dari kacer jantan akan terlihat lebih rapat tidak terpisah-pisah.
Postur kacer jantan lebih gagah dan tegak, ukuranya pun lebih besar.

2. Kacer betina

Warna bulu lebih kusam ke abu-abuan.
Postur tubuh lebih kecil.
Karakter suara tidak bervariasi dan cenderung tidak kencang.
Lebih pasif dalam bergerak.

Mungkin mudah untuk kacermania indentifikasi jenis kelamin kacer seperti diatas dikarenakan memang dari bentuk fisik dan warna burung kacer dewasa antara betina dan jantan memang sudah berbeda. Tetapi bagaimana jika kacer masih trontolan? mungkin anda adalah salah satu orang yang ingin merawatnya dari trontolan agar lebih mudah di master, berikut adalah cara memastikan bahwa kacer trontolan itu ialah pejantan.

Cara Mengetahui Kelamin Burung Kacer Dari Bulunya

Kacer jantan biasanya memiliki paruh lebih pendek dan berwarna hitam di bagian atas dan bawah paruhnya, jika di amati di bawah paruh jantan akan terlihat bentuk seperti huruf “V”.
Bentuk tubuh pejantan akan lebih proposional jika berdiri, beda dengan betina yang lebih bulat gempal.
Jika anda perhatikan kacer jantan akan memiliki kepala lebih rata saat diperhatikan dari samping.
Warna bulu punggung pejantan lebih hitam pekat dari pada betina yang sedikit kusam.