Cara Mengatasi Lovebird Ngeruji Dengan Dikawinkan

Posted on

Cara Mengatasi Lovebird Ngeruji Dengan DikawinkanCara Mengatasi Lovebird Ngeruji Dengan Dikawinkan – Lovebird ngeruji merupakan hal yang paling dihindari para peserta lomba di lapangan,ciri lovebird ngeruji ialah lovebird terlihat tidak tenang tidak mau bertengger di tangkringan tetapi malah bergelantungan di dinding, hal ini di sebabkan lovebird jantan melihat lovebird betina didekat mereka, hal ini menunjukkan birahi lovebird sedang naik dan harus segera di kawinkana. Kebiasaan ngeruji pada lovebird terjadi karena lovebird over birahi, over birahi lovebird seperti yang telah dikatakan diatas dikarenakan lovebird melihat lawan jenis didekatnya. Lalu bagaimana cara untuk mengatasi atau menghindari perilaku ngeruji pada lovebird?

Cara Mengatasi Lovebird Ngeruji Dengan Dikawinkan

1. Mengawinkan lovebird

Kita perlu menyalurkan birahi lovebird dengan cara mengawinkan mereka, sulitnya terkadang kita perlu menjodohkan mereka dahulu walaupun bisa jadi gagal karena mereka tak berjodoh. Cara praktisnya adalah dengan memasukan mereka dikandang koloni, hal ini akan memudahkan mereka mencari jodoh sendiri, setelah birahinya tersalurkan biasanya tingkah lovebird akan normal kembali dan siap untuk dilombakan.

2. Sering memandikan lovebird.
Jika memungkinkan lovebird yang ngeruji perlu dimandikan, ini akan membuat keadaan lovebird lebih tenang. Beberapa orang memandikan burung lovebird sampai 3 kali sehari saat birahi lovebird memuncak. Gunakan spryer dengan lubang yang lebar agar air yang keluar tampak seperti embun sampai burung basah kuyup.

3. Hindari pakan lovebird berprotein.

Lovebird yang ngeruji disebabkan oleh birahi lovebird memuncak atau familiar di sebut over birahi, setelan pakan lovebird adalah hal yang perlu diperhatikan hindari pakan yang mengandung protein yang kebanyakan terkandung pada extra fooding ( EF ). Kurangi atau hentikan pemberian pakan seperti kangkung, kuaci, jagung muda. Burung Lovebird memerlukan pakan yang mengandung protein yang kurang dari 30gram lebih dari itu lovebird akan over birahi, tetapi jika kurang dari itu burung lovebird susah dipancing untuk berbunyi, jadi memang diperlukan pengamatan dari kita melihat tingkah lovebird itu sendiri.

Cara Mengatasi Lovebird Ngeruji Dengan Dikawinkan

Cara Mengatasi Lovebird Ngeruji Dengan Dikawinkan – Demikian sedikit info tentang Cara Mengatasi Lovebird Ngeruji Dengan Dikawinkan yang bisa saya bagikan semoga bisa bermanfaat bagi pencinta burung lovebird dimanapun berada.