Cara Mengatasi Kaki Ngangkang Atau Splay Legs Pada Anakan Lovebird

Posted on

Cara Ampuh Mengatasi Kaki Ngangkang Atau Splay Legs Pada Anakan LovebirdCara Mengatasi Kaki Ngangkang Atau Splay Legs Pada Anakan Lovebird –  Banyak sekali permasalahan pada Anakan Burung Lovebird yang baru menetas diantaranya kaki ngangkang atau splay legs yang menyebabkan anakan lovebird  bisa tumbuh hingga dewasa dengan sempurna. Namun jangan khawatir semua itu bisa diatasi dengan Cara Mengatasi Kaki Ngangkang Atau Splay Legs Pada Anakan Lovebird.Asalkan dilakukan secara teratur dan kontinue permasalahan kaki ngangkang atau sply legs pada anakan lovebird bisa si atasi.

Masalah ngangkang pada piyikan LB jika tidak segera diatasi akan mengakibatkan Lovebird tidak tumbuh sempurna dan kemungkinan besar akan mati karena tidak bisa berdiri dengan sempurna. Hal ini sangatlah mengkhawatirkan karena Lovebird yang kita punya tidak akan bisa makan maupun minum saat dewasa kelak.kaki ngangkang atau sply legs disebabkan banyak hal diantaranya sebagai berikut.

Splay Legs atau kaki ngangakang biasa disebabkan oleh hal-hal berikut ini :

1. Ukuran telur kecil

Penyebab utama anakan ngangkang yaitu telur yang terlalu kecil sehingga ruangan untuk tumbuh embrio Lovebird tidak memiliki cukup ruang sehingga kaki lovebird lahir dengan tidak sempurna.

2. Terinjak oleh indukan

Anakan lovebird sangatlah mungkin memiliki resiko untuk terinjak oleh induknya hingga kakinya tidak kuat menimpa beban hingga mengangkang dan tumbuh tidak sempurna.

3. Kurang vitamin

Bawaan dari lahir karena nutrisi dan kalsium yang kurang. Sehingga kekuatan ototnya sangat lemah.

Jika kaki anakan Lovebird anda sudah terlanjur ngangkang, bisa diatasi dengan cara yang mudah namun dibutuhkan perhatian ekstra agar kakinya bisa tumbuh secara normal.

Cara Ampuh Mengatasi Kaki Ngangkang Atau Splay Legs Pada Anakan Lovebird:

1. Buatlah sebuah pengikat kaki untuk anakan Lovebird dengan bahan yang lembut dan aman, karena kaki anakan Lovebird masih tersusun dari tulang rawan dan masih rapuh. Jangan sampai bahan pengikat kaki anakan Lovebird malah menimbulkan cedera lain seperti kaki bengkok.

2. Bahan pengikat kaki Lovebird harus terbuat dari potongan kain dari bahan kaos ataupun bisa juga menggunakan gabus, namun kami menyarankan agar menggunakan kain agar tidak terlalu mengekang dan bisa dikendorkan agar Lovebird bisa tumbuh dengan normal.

3. Cek setiap hari kaki anakan Lovebird anda jika sudah mengalami perkembangan gantilah ikatan dengan yang lebih kencang agar anakan Lovebird terbiasa berdiri dengan kaki normal.

4. Lebih baik setiap hari anda mengolesi kaki anakan Lovebird dengan minyak tawon. Lakukan cara ini hingga terlihat struktur pangkal paha kembali ke posisi normal, biasanya sampai 7 hari.

5. Jika struktur pangkal paha sudah normal, longgarkan pengikat menjadi 2 cm dan jangan lupa memberikan lagi minyak tawon pada kaki anakan lb setiap pagi dan sore hari.

6. Jika sudah normal, lepaskan ikatan.