Cara Mencetak Warna Lovebird Biola Dengan Dana Minim Bagi Pemula

Posted on

Cara Mencetak Warna Lovebird Biola Dengan Dana Minim Bagi Pemula

Cara Mencetak Warna Lovebird Biola Dengan Dana Minim Bagi Pemula – Belakangan ini Burung Lovebird warna lagi menjadi trend, terutama jenis lovebird biola. Hal ini karena harga jualnya terus merangkak naik. Memang,  Mencetak Warna Lovebird Biola Dengan Dana Minim Untuk Pemula seperti tidak mungkin ada semangat dan semangat pasti berhasil. Namun jika berhasil, usaha ini bisa menjadi ladang yang menguntungkan, mengingat haga jualnya saat ini lumayan tinggi. Bagi peternak pemancing yang memiliki dana minim rupa beternak lovebird biola jenis split . Sebelum memulai beternak, kita bisa mengerti dulu teori dasar persilangan lovebird jenis biola. Berikut ini penjelasannya:

1. Lovebird jantan dan betina dari jenis biola hijau akan menghasilkan anakan yang semuanya biola, baik biola hijau jantan maupun biola hijau betina.

2. Lovebird jantan jenis biola hijau, sedangkan betinanya dari jenis non-biola blue fischery atau biasa disebut lovebird sayur. masih ada kesempatan mendapatkan anakan dengan jenis biola, meskipun tidak semuanya. 

3. Perkawinan tersebut akan menghasilkan lovebird biola yang pasti berkelamin betina, dan hijau standar (josan) yang berkelamin jantan. Anakan yang berjenis hijau standar ini disebut split.

4. Perkawinan lovebird betina biola hijau dikawinkan dengan lovebird jantan sayur, semuanya memiliki warna hijau standar (josan). Anakan yang berkelamin jantan memiliki sifat split biola, sedangkan yang betina non-split (terputus gen biolanya).

5. Lovebird split biola jantan bisa dikawinkan dengan lovebird biola betina, karena sebagian lagi akan berjenis biola.

Tips Mencetak Warna Lovebird Biola Dengan Dana Minim

1. Lovebird Biola Green

Secara kalkulasi harga lovebird jantan biola hijau siap produksi (umur 7-8 bulan) saat ini sekitar Rp 15 juta / ekor. Harga lovebird betina biola hijau pada umur yang sama sekitar Rp 8 juta / ekor. Modal yang dibutuhkan untuk membeli materi indukan sudut Rp 23 juta. Jika pemilik biola lovebird biola hijau ANDA berproduksi, maka BEP (break event point) atau balik modal sudah hanya dalam masa masa produksi.

Misalnya, pada fase peneluran pertama menghasilkan dua ekor anakan lovebird biola. Pada umur 2-3 bulan, anakan tersebut sudah bisa dijual dengan harga Rp 7 juta / ekor. Pada fase peneluran kedua, menetas lagi dua ekor anakan. Hanya dari dua fase peneluran, Anda sudah mendapat pemasukan sekitar Rp 28 juta, alias sudah bisa balik modal. Itupun sudah termasuk biaya operasional sekitar Rp 5 juta selama 6 bulan.

2. Lovebird Biola Split Blue Dan Betina Euwing Violet Gelap

Lovebird jantan biola split blue (kiri) dan betina euwing dark violet.
Begitu juga biola lutino dikawinkan dengan lovebird sayur (blue fischery), dengan harapan yang jantan berjenis split biola dan / atau split blue dengan harga Rp 7 juta – Rp 12 juta / ekor anakan.

Bahkan produksi bisa jadi bisa digenjot lagi, jika anakan dipanen pada umur 2 minggu, dibesarkan dengan cara meloloh burung biola oleh pemiliknya. Sebab jika anakan tidak dibesarkan langsung oleh induknya, maka pasangan lovebird bisa cepat berproduksi kembali.