Cara Memilih Indukan Ikan Koi Yang Berkualitas Dari Bentuk Tubuhnya

Posted on

Cara Memilih Indukan Ikan Koi Yang Berkualitas Dari Bentuk TubuhnyaCara Memilih Indukan Ikan Koi Yang Berkualitas Dari Bentuk Tubuhnya – Dalam dunia budidaya tahapan utama yg harus dilakukan ialah memilih indukan ikan koi yang berkualitas memegang peranan penting dalam budidaya ikan koi. Indukan yang bagus secara genetis akan menghasilkan keturunan yang bagus, begitu kira-kira hukum umumnya. Adapun cara memilih indukan ikan koi yang berkualitas bisa dilihat dari bentuk tubuh ikan koi tersebut.Bila kesulitan menemukan indukan yang baik, bisa dengan jalam meminjamnya dari para pehobi.Indukan berkualitas biasanya dimiliki oleh penangkar atau para pehobi. Para penggemar ikan hias biasanya mengoleksi ikan koi yang berkualitas, baik untuk dipelihara sendiri maupun untuk kontes. Namun para pehobi ini rata-rata tidak memiliki keterampilan atau waktu untuk mengawinkan ikannya. Padahal, untuk menjaga agar ikan tetap bugar salah satunya harus dikawinkan jika telah tiba waktunya.

Di sini pembudidaya biasanya kerja sama dengan pemilik ikan. Dimana pemilik diuntungkan karena ikannya bisa dikawinkan dan pembudidaya bisa mendapatkan keturunan berkualitas. Sebagai imbalannya, biasanya si pemilik dipersilakan memilih satu atau dua ekor ikan hasil perkawinan.

Selain keturunan atau sifat genetis, cara memilih indukan ikan koi yang berkualitas bisa dilakukan dengan memperhatikan ciri-ciri calon indukan ikan koi yang berkualitas sebagai berikut:

1. Umur ikan sudah cukup matang, lebih dari 2 tahun

2. Memiliki jenis yang sama atau mendekati, misalnya kohaku dengan kohaku

3. Bentuk tubuh ideal, dari atas tampak seperti torpedo

4. Gaya berengang tenang dan seimbang

5. Warna cemerlang dan kontras

6. Sehat, gerakannya gesit tidak banyak diam di dasar kolam.

7. Indukan jantan dan betina telah matang gonad

Pemeliharaan indukan ikan koi yang berkualitas

1. Sebaiknya calon indukan ikan koi dipelihara dalam kolam khusus.

Kedalaman kolam setidaknya 150 cm, lebih dalam lebih baik. Kepadatan kolam juga harus diperhatikan, kolam berukuran 4×5 meter maksimal diisi 20 ekor indukan betina atau 40 ekor indukan jantan. Hal ini karena indukan betina biasanya lebih besar dari indukan jantan.

2. Indukan betina dan jantan dipelihara dikolam yang berbeda

Manfaatnya agar saat dipijahkan indukan tidak perlu mengalami pemberokan lagi. Secara umum pemeliharaan kolam indukan sama saja dengan pemeliharaan kolam pembesaran.

3. Pakan yang diberikan berupa pelet berukuran 8 mm

Asumsinya ikan koi yang berumur lebih dari 2 tahun sudah berukuran minimal 60 cm. Jumlah pakan yang diberikan sekitar 3-5% dari bobot tubuhnya dalam satu hari. Frekuensi pemberian pakan 2-4 kali.