Cara Beternak Burung Lovebird Biola Agar Cepat Bertelur

Posted on

Cara Beternak Burung Lovebird Biola Agar Cepat Bertelur

Cara Ternak Burung Lovebird Biola Agar Cepat Bertelur – Untuk mendapatkan anakan lovebird kualitas unggul seperti burung lovebird biola, maka harus tahu cara beternak lovebird agar cepat bertelur dengan lengkap. Memang tidak semudah yang di bayangkan tetapi apa salahnya kita mempelajari cara beternak burung lovebird agar cepat bertelur.Berikut ini persiapan yang harus dilakukan sebelum beternak lovebird:

1. Persiapan Glodok atau Kandang

Dimulai dari pemilihan kandang untuk perkawinan burung lovebird biola, gunakan ukuran sedang. Banyak peternak menggunakan kandang dengan ukuran 60 x 44 x 40 sentimeter dan menempatkan satu kandang dalam bentuk box home. Ini bergantung berapa banyak burung lovebird yang akan dikawinkan, tetapi idealnya dalam satu kandang hanya ada sepasang lovebird saja.

2. Umur Lovebird

Perhatikan umur indukan, untuk hasil yang bagus minimal lovebird berumur 7 hingga 8 bulan. Bagi jantan, idealnya lebih muda dari betina. Misalkan jantan ovebird 8 bulan, maka pilih betina 9 bulan. Perkawinan lovebird agar cepat bertelur yang baik, memang sebaiknya pilih umur yang lebih dewasa karena hasilnya lebih bagus.

3. Proses Perjodohan

Selama masa perkawinan sebaiknya berikan makanan dengan protein tinggi, misalkan jagung, canary seed atau kangkung segar.

4. Penetasan

Setelahnya tunggu hingga anakan lovebird menetas, pisahkan indukan jantan dan betina. Karena indukan jantan akan cenderung menganggap anakan sebagai makanan. Setelah dua minggu, maka pisahkan dengan indukan betina, sehingga anakan bisa berkembang lebih bagus.

Trik Dan Tips Agar Lovebird Cepat Bertelur

Sebenarnya cara ternak burung jenis lovebird hampir sama, namun untuk menghasilkan telur lebih cepat di musim perkawinan, maka sebaiknya mengikuti cara ternak burung lovebird cepat bertelur. Jika normalnya dalam satu bulan, dalam dua minggu hingga 20 hari maka sudah akan terlihat telur dalam kandang perkawinan.

1. Suhu Kandang

Rahasianya ada pada penambahan lampu spektrum yang berfungsi seperti matahari, ini akan menjaga keseimbangan suhu dalam kandang. Tidak terlalu panas, cukup tambahkan lampu yang bisa memberikan suhu warna 20 celsius (5500 Kelvin). Namun jangan terlalu sering, istirahatkan burung 10 jam setiap harinya.

2. Tumbuhkan Gairah Lovebird

Memancing lovebird segera kawin dan bertelur, tempatkan jantan atau betina lainnya. Ini akan memicu gairah kawin lebih cepat dan menghasilkan telur berkualitas. Tempatkan pasangan yang berlawanan sehingga burung akan lebih cepat gairah dan pilih indukan yang agresif.

3. Makanan Berkualitas

Makanan lovebird yang akan kawin juga harus diperhatikan dan biasanya memang dibedakan, sebaiknya tempatkan kangkung, biji kuaci dan tauge. Ini sudah terbukti bisa memicu hormon indukan betina cepat bertelur, meskipun baru mengalami perkawinan dalam beberapa hari saja. Minum lovebird yang akan kawin juga harus ekstra dibersihkan, jika biasanya tempat minum di ganti seminggu sekali. Sekarang harus mengganti dan membersihkannya setiap hari dan pakai air aqua dan hindari campuran besi dan lumpur yang ada dalam air sumur.

Jika sudah melakukan semua hal, namun tidak bisa mempercepat lovebird bertelur, bisa jadi muncul kendala. Seperti indukan kurang bagus, munculnya telur infertile, burung monomorfik seksual sehingga tidak bisa mengenali betina dengan baik. Bisa jadi burung ingin jodoh yang lain, penempatan betina juga memengaruhinya.