Cara Atasi Murai Batu Mabung Dengan Ulat Hongkong

Posted on
Cara Atasi Murai Batu Mabung Dengan Ulat HongkongCara Atasi Murai Batu Mabung Dengan Ulat Hongkong – Untuk para pecinta burung kicau pasti tidak asing dengan istilah burung mabung karena hampir semua burung kicau pernah mengalaminya. Mabung adalah siklus alami burung dan berbagai jenis unggas dalam serangkaian proses rontoknya bulu dan tumbuhnya bulu baru yang lebih fresh. Hal ini juga dialami oleh burung murai batu. Selama mengalami masa mabung yang panjang (1-3 bulan) burung membutuhkan banyak vitamin yang bisa di dapat dari ulat hongkong dan mineral yang selanjutnya saya sebut nutrisi. Jika burung murai batu kekurangan nutrisi seperti lemak dan protein, biasanya bulunya akan tumbuh tidak normal, kusam, pecah-pecah atau kriting.
Burung mabung atau ngurak telah banyak disampaikan oleh Burung Murai Mania diberbagai forum maupun media, untuk kembali mempertegas dan terus saling mengingatkan kepada ekor panjang mania dimana pun berada, kali ini akan saya berbagi informasi tentang cara atasi murai batu mabung dengan ulat hongkong. Masa mabung adalah masa yang sulit, burung yang bisa melalui masa mabung dengan sempurna maka sesudahnya akan menjadi burung yang sehat dan rajin berkicau. Untuk itu selama masa mabung burung apa pun akan membutuhkan perhatian yang spesial. Berikut ini cara atasi murai batu mabung dengan ulat hongkong.

Cara Atasi Murai Batu Mabung

  • UH (ulat hongkong) bisa diberikan 5 ekor setiap sore saja
  • Burung sebaiknya lebih sering dikerodong (siang hari apalagi malam hari), buka kerodong hanya waktu burung dibersihkan sangkarnya.
  • Pemasteran, selama masa mabung adalah waktu yang cukup baik untuk memaster burung, karena saat mabung burung apa pun akan lebih banyak diam di dalam sangkar, sehingga sangat baik merekam apa yang di dengar disekelilingnya.
  • Burung hanya dimandikan seminggu sekali, namun sangkar bisa dibersihkan setiap pagi waktu diberi makan maupun dua hari sekali.
  • Pemberian pakan EF ditingkatkan, bila dihari biasa jangkrik diberi 5 ekor maka waktu mabung ditingkatkan 7-10 ekor setiap pagi dan sore.
  • Kroto diberikan setiap hari, pagi dan sore hari 1 sendok saja.
  • Burung jangan dipertemukan dengan burung sejenis selama masa mabung.
  • Pemasteran dapat ditempel dengan burung masteran maupun diputarkan lagu mp3, namun burung harus dalam kondisi di kerodong.
  • Penjemuran dapat dilakukan di pagi hari, namun tidak lebih dari jam 9 pagi.
Cara Atasi Murai Batu Mabung Dengan Ulat Hongkong – Demikianlah gambaran umum tentang Cara Atasi Murai Batu Mabung Dengan Ulat Hongkong, meskipun singkat saya berharap hal ini bermanfaat, meskipun porsi pemberian ini tidak mutlak namun setidaknya bisa dijadikan contoh bagi yang masih awam. Namun demikian tidak tertutup kemungkinan anda bisa melakukan penyetelan porsi EF sendiri.