Cara Ampuh Agar Lovebird Ngekek Panjang Dengan Tehnik Sparing

Posted on

Cara Ampuh Agar Lovebird Ngekek Panjang Dengan Tehnik SparingCara Ampuh Agar Lovebird Ngekek Panjang Dengan Tehnik Sparing – Ada bermacam-macam cara yang di lakukan orang agar burung lovebird gacoannya ngekek sesuai yang di inginkan.Mungkin cara ampuh agar lovebird ngekek panjang dengan tehnik sparing bisa di terapkan untuk lovebird gacoan kita.Tehnik ini tidak lepas dari perawatan harian,pakan sampai bawaan genetis dari induknya.Berikut ini langkah yang bisa anda ikuti atau hanya mengambil beberapa hal yang menurut anda bagus untuk di aplikasikan kepada lovebird jagoan anda.

Cara Ampuh Agar Lovebird Ngekek Panjang Dengan Tehnik Sparing

1. Perawatan harian

  • Mandi
    Mandikan lovebird setiap hari pada pagi hari sampai basah kuyup menggunakan semprotan ini adalah terapi yang akan membuat lovebird bernapas panjang.
  • Penjemuran                                                                                                                                                                                 Penjemuran dilakaukan setelah lovebird basah kuyup dengan durasi waktu penjemuran saat pagi dilakukan agak lama dari biasanya, satu setengah jam misalnya.
  • Sparing/Latihan                                                                                                                                                                        Sering-sering lah trek lovebird gacoan dengan lovebird lain yang mempunyai kemampuan yang sama ini akan meningkatkan mental saat lovebird berada di lapangan.
  • Bentuk Tubuh                                                                                                                                                                            Jaga tubuh lovebird tetap langsing dengan pemilihan pakan yang tepat seperti diatas, karena dengan badan gemuk akan membuat lovebird malas beraktifitas dan berkicau. jika burung mengalami kegemukan stop EF(Ekstra Fooding) durasi jemur ditambah dan selama proses terapi jangan diperlihatkan burung sejenis, atau bisa dengan terapi di sangkar umbaran semakin burung banyak bergerak semakin cepat mengatasi kegemukan di sangakar umbaran.
  • Umbaran                                                                                                                                                                                   Jika kita menempatkan mereka di umbaran ini akan membuat mereka lebih sering beraktifitas melatih nafas mereka agar panjang dan membakar kalori mereka, ini dilakukan untuk mendapatkan tarikan yang panjang pada nafas lovebird.
  • Pemasteran                                                                                                                                                                               Waktu yang tepat untuk pemasteran 06.00 – 08.00 lanjutkan 11.00 – 12.00 lanjutkan 16.00 – 17.30.

2. Pakan

Pakan adalah faktor ke 2 yang paling central dalam membangun lovebird agar sering bunyi, makanan pokok untuk lovebird adalah biji-biji (milet) pada usia sekitar 2-3bln pertama-tama harus memperkenalkan extra fudding terlebih dahulu seperti kangkung, jagung, kuaci karena apa, jika kita melatih EF sejak mulai dini setelah dewasa kita akan mudah mengontrol birahi si burung makanan seperti kangkung, jagung, kuaci sangat lah cocok untuk mendongkrak birahi burung tapi perlu di ingat burung yang terlalu birahi juga tidak bagus untuk diikutkan di arena perlombaan, ciri-ciri burung lovebird over birahi adalah jika dipertemukan burung sejenis biasanya gelisah tidak tenang (muter-muter didalam sangkar) atau istilah lainnya ngering, nah jika burung mengalami over birahi (OB) mengatasinya sering dimandikan 2-3 kali sehari dan kurangi EF kangkung, jagung, kuaci.

3. Perawatan Untuk Arena Lomba

Sebelum burung lovebird ke arena lomba perlu perawatan dengan sering-sering lah memindah lokasi gantangan lovebird dirumah, jika lovebird anda lovebird lomba maka burung harus dilatih agar burung terbiasa berpindah-pindah, tujuannya agar burung tidak drop jika dibawa ke arena lomba.

Nah untuk mempersiapkan burung di arena lomba saya ada beberapa tips dalam jangka pendek sebelum dibawa ke arena lomba :

1. H-6 sebelum lomba sebaiknya isolasi lovebird anda dari lingkungan sekitar, jangan diperlihatkan atau diperdengarkan burung sejenis (ingat). setelah mandi/jemur sebaiknya burung dikerodong.

2. Tambahkan EF dalam menu harian sebelum lomba seperti kangkung, kuaci, jagung.
(diutamakan kangkung krna dosis birahi tidak terlalu),untuk mandi perlu diketahui setiap karakter burung hanya kita yang bisa menilai sendiri, karakter burung jika selama kita memberikan EF membuat burung lovebird over birahi saya sarankan untuk memandikan burung pada malam hari mulai jam 7-8 mlm dan kurangi durasi penjemuran.

3. H-1 Kurangi penjemuran cukup 30 Menitan
Berikan kangkung segar saat memasuki hari perlombaan, berikan kangkung 1-2 jam sebelum burung digantang.

Tips diatas hanya sebagai acuan dalam merawat burung lovebird kesayangan anda untuk diperlombakan perlu di ingat tidak semua metode dapat dilakukan sama persis karena sifat dan karakter burung lovebird tidak sama hanya anda yang tau karakter burung kesayangan anda…