15 Jenis Ikan Hias Air Tawar Terpopuler Di Dunia 2019

Posted on

15 Jenis Ikan Hias Air Tawar Terpopuler Di Dunia 2019 – Terdapat bermacam-macam jenis ikan hias terpopuler di dunia tergantung harga dan habitatnya. Namun secara kesimpulan macam macam jenis ikan hias dibagi menjadi dua, yaitu jenis ikan hias air tawar dan ikan hias air laut. Cara pemeliharaannya pun bermacam macam, ada yang mudah dan ada pula yang sulit, ada yang dipelihara di aquarium dan ada pula yang dipelihara di kolam. Kali ini kita akan membahas 10 jenis ikan hias air tawar terpopuler di dunia yang mudah untuk dipelihara, baik untuk pemeliharaan di aquarium, aquscape, maupun di kolam. Bagi anda yang ingin memelihara jenis ikan hias air tawar namun masih bingung mau memilih jenis ikan apa, penjelasan dibawah bisa dijadikan referensi untuk mengisi aquarium atau aquascape anda.

Dari sekian banyak ikan hias yang ada, anda bisa memilih 15 Jenis Ikan Hias Air Tawar Terpopuler Di Dunia 2019 sesuai keinginan anda untuk mengisi aquarium, aquascape atau kolam anda sebagai hiasan. Berikut adalah macam-macam ikan hias air tawar yang biasa mengisi akuarium atau kolam para pecinta ikan hias:

1. Ikan Cupang Hias 

Ikan Cupang Hias
 Ikan Cupang Hias 

Ikan Cupang Hias / Betta dikenal sebagai ikan petarung. Pada ciri ikan cupang jantan memiliki warna yang lebih banyak dan beragam dibanding dengan Betta betina. Ada banyak ragam warna yang ada pada ikan cupang ini diantara hitam, merah putih, kuning, ungu, dan biru. Terkadang ada juga yang memiliki warna monokrom dengan dua atau lebih gradasi. Ikan tampak begitu indah saat berenang dengan sirip yang panjang dan lebar menjuntai. Salah satu keistimewan ikan ini bisa memiliki umur yang panjang.

2. Ikan Hias Koi

Ikan Hias Koi
Ikan Hias Koi

Ikan hias Koi adalah ikan hias yang sangat populer dikalangan pecinta ikan hias air tawar aquarium. Ikan ini memiliki warna corak yang sangat indah, lebih-lebih jika dilihat dari atas, keindahannya akan semakin jelas terlihat. Ikan hias koi biasanya dipelihara dalam kolam, namun tak ada salahnya memeliharanya dalam aquarium. Ikan hias Koi tetap terlihat indah walau dilihat dari samping, karena keindahan ikan Koi terpancar dari segala arah dan sudut.

3. Ikan Hias Wakin

Ikan Hias Wakin
Ikan Hias Wakin

Ikan hias Wakin ini masih termasuk dalam golongan ikan mas biasa. Orang-orang Jepang menamakannya Wakin karena bentuk fisiknya belum banyak berubah layaknya Karper Krusian yang merupakan cikal bakal ikan Mas Koki. Jika Karper Krusian bentuknya memanjang dan langsing, maka ikan Wakin memiliki bentuk yang agak bundar dan memiliki ekor yang lebih lebar dan panjang.

Diantara ciri khas ikan hias Wakin adalah memiliki gerakan yang lincah dan atraktif. Oleh sebab itu ikan Wakin akan kurang cocok jika dikumpulkan dengan ikan Mas Koki type lain yang gerakannya cenderung lamban dan tenang seperti Koki Tosa (Veiltail) dan Kepala Singa (Lion Head).

4. Ikan Hias Komet

Ikan Hias Komet
Ikan Hias Komet

Ikan hias Komet adalah salah satu ikan hias air tawar aquarium yang sudah populer di kalangan para pecinta ikan hias. Bahkan, mereka dari yang sekedar hoby, banyak juga yang kemudian mengkomersilkannya. Hal ini karena ikan hias Komet memiliki daya tarik yang kuat dengan warna tubuhnya yang indah serta mempunyai gerakan mempesona. Ikan hias Komet juga dikenal sangat ramah lingkungan karena bisa hidup berdampingan dengan jenis ikan lain dalam satu tempat.

Selain ituikan hias Komet juga mudah dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya, oleh sebab itu ikan ini dapat dipelihara hampir di semua tempat asalkan tempatnya bersih dan sehat. Diantara kelebihan ikan hias air tawar aquariam ini adalah memiliki warna tubuh yang bermacam-macam seperti kuning, merah, putih, dan perpaduan dari warna-warna tersebut.

5. Ikan Hias Black Ghost

Ikan Hias Black Ghost                                          Ikan Hias Black Ghost

Ikan hias Black Ghost ini mungkin jarang dikenal oleh para pemelihara ikan hias pemula. Ikan hias air tawar aquarium ini memiliki bentuk tubuh seperti hantu hitam yang sedang berenang di dalam air. Pada bagian tubuhnya mirip seperti kain yang tertiup angin. Ikan hias air tawar Black Ghost mempunyai nama latin Apterontus Albifrons. Ikan ini memiliki sifat yang nokturnal, sehingga di siang hari lebih suka bersembunyi dan mulai beraktivitas di malam hari. Memang seperti hantu.

Salah satu keunikan dari ikan hias ini terletak pada ekornya yang mungil. Ikan Black Ghost sering kehilangan ekornya karena ekornya selalu bergerak-gerak seperti cacing, oleh sebab itu ekornya sering jadi mangsa ikan lain karena mengira ekor ikan Black Ghost adalah makanan mereka. Namun hal ini bisa teratasi karena ekor ikan Black Ghost kembali tumbuh seperti semula.

6. Ikan Hias Discus

Ikan Hias Discus
Ikan Hias Discus

Ikan hias Discus memiliki tubuh yang unik. Tubuhnya terlihat pipih saat dilihat dari depan dan terlihat lebar saat dilihat dari bagian samping. Oleh sebab itu ikan ini kurang pas jika dipelihara di dalam kolam, dan lebih cocok jika menjadikannya sebagai ikan hias air tawar aquarium. Ikan hias Discus memiliki nama latin Symphysodon Discus. Ikan hias ini berasal dari sungai Amazon. Jenis ikan Discus ini cukup banyak, diantaranya yaitu Pearl Pigeon, Board Pigeon, Red Ribbon, Marlboro Red, Angle Blue Diamond , dan masih banyak lagi.

7. Ikan Hias Guppy

Ikan Hias Guppy
Ikan Hias Guppy

Ikan hias Guppy memiliki nama latin Poecilia reticulata. Pada dasarnya Guppy adalah ikan liar yang sering dijumpai di kali-kali dekat sawah. Namun, Guppy yang dijadikan hiasan aquarium disini bukanlah Guppy jenis tersebut. Guppy yang dijadikan sebagai ikan hias air tawar aquarium disini adalah Guppy yang memiliki bentuk dan warna fisik yang menarik. Keindahan Guppy ini terletak pada ekornya yang terumbay seperti rok yang panjang. Ikan ini memiliki jenis dan warna yang sangat bervariasi, hampir semua warna ada pada jenis Guppy.

8. Ikan Hias Peacock Cichlid

Ikan Hias Peacock Cichlid
Ikan Hias Peacock Cichlid

Ikan hias Peacock Cichlid mempunyai karakteristik yang berbeda dengan jenis jenis ikan hias air tawar lainnya, sehingga menjadikan ikan ini begitu populer di kalangan para pecinta ikan hias selama 30 tahun lebih. Ikan ini memiliki warna yang cerah dan cemerlang, warnanya begitu indah antara kombinasi warna biru, kuning terang, emas, dan orange menyala.

Ikan hias Peacock Chichlid juga memiliki garis-garis vertikal yang berwarna gelap di sekujur tubuhnya. Ikan ini memiliki kepribadian yang ramah dan baik dalam bersosial sehingga bisa dikumpulkan dengan ikan jenis lain dalam satu aquarium.

9. Ikan Hias German Blue Ram

Ikan Hias German Blue Ram
Ikan Hias German Blue Ram

Ikan hias German Blue Ram adalah bagian dari jenis Cichlids yang berukuran kecil. Ikan ini memiliki karakteristik tenang dan memiliki pola warna yang bermacam-macam. Namun umumnya ikan ini memiliki warna kuning dan hijau serta terdapat bintik kecil berwarna biru yang menutupi sirip ikan. Ikan ini juga memiliki tujuh garis gelap vertikal ditubuhnya, satu garis dikepalanya yang membentang melewati mata, dan pada bagian perut, mata, sirip bagian atas dan bawah hingga ekor terdapat bercak berwarna merah.

10. Ikan Hias Killifish

Ikan Hias Killifish
Ikan Hias Killifish

Ikan hias Killifish ini telah menyebar hampir di seluruh Asia, Amerika Selatan, Amerika Utara, Afrika dan sebagian tersebar di Eropa. Ikan hias ini termasuk salah satu dari ikan hias yang sangat populer dikalangan para pecinta ikan hias dengan warnanya yang beragam.

Ikan hias Killfish jantan memiliki variasi warna yang beragam seperti orange, merah, dan biru disertai dengan bintik orange serta terdapat garis di sekujur tubuhnya. Hal ini berbeda dengan ragam warna Killifish betina yang lebih cenderung memiliki sedikit warna dibanding Killifish jantan.

11. Ikan Hias Lemon

Ikan Hias Lemon
Ikan Hias Lemon

Ikan hias Lemon memiliki nama latin Neolamprologus Leleupi. Ikan ini memiliki warna kuning dan bentuk yang seperti buah lemon. Ikan hias ini termasuk ikan hias yang agresif dan buas. Ikan hias ini juga sangat rakus dalam makannya. Ikan Lemon akan memakan apapun jenis makanan yang dimasukkan kedalam aquarium. Selain itu, ikan ini juga memiliki sifat buruk berupa kanibalisme, saat ikan Lemon ini kelaparan maka tak segan-segan untuk memakan ikan lainnya yang memiliki ukuran lebih kecil.

12. Ikan Hias Endlers Livebearer

Ikan Hias Endlers Livebearer
Ikan Hias Endlers Livebearer

Ikan hias Endlers Livebearer termasuk jenis ikan hias yang sulit untuk dicari, ikan jarang ditemui di toko-toko ikan hias biasa. Penampilan Ikan hias Endlers Livebearer ini mirip dengan ikan Guppy liar, ikan ini juga memiliki pola warna neon dengan gradasi warna kuning, oranye, hitam, hijau dan biru. Kepribadian karakteristik ikan ini cukup ramah dan mudah untuk beradaptasi dengan lingkungannya yang baru.

13. Ikan Hias Louhan

Ikan Hias Louhan
Ikan Hias Louhan

Ikan hias Louhan pernah sangat populer di tahun 2000-an. Ikan ini sangat cocok dijadikan sebagai ikan hias air tawar aquarium. Diantara ciri khas ikan louhan ini adalah memiliki benjolan besar dikepalanya. Ikan hias Louhan bukanlah ikan hias murni yang memiliki bentuk fisik indah dengan sendirinya. Ikan ini adalah hasil dari perkawinan silang antara ikan-ikan Cichlid yang berasal dari Amerika.

Dari hasil persilangan itu didapat beberapa macam bentuk dan jenis ikan Louhan yang ada seperti saat ini, diantaranya adalah Chencu/ Zhen Zhu yang merupakan hasil persilangan dari Trimac Cichlid, Kamfa hasil persilangan dari genus Vieja, dan Red Texas louhan hasil dari persilangan antara Kingkong Parrots dan Green Texas Cichlid.

14. Ikan Hias Oscar

Ikan Hias Oscar
Ikan Hias Oscar

Ikan hias Oscar adalah salah satu ikan hias air tawar yang tidak ramah sosial. Ikan ini sangat agresif jika di gabungkan dalam satu tempat dengan ikan lainnya karena ikan Oscar ini sangat menjaga daerah kekuasaannya. Ikan Oscar memiliki nama ilmiah Astronontus ocellatus. Di alam bebas umur ikan Oscar bisa mencapai 10-12 tahun. Ikan Oscar ini juga mempunyai gigi yang runcing. Untuk memelihara ikan Oscar dibutuhkan kolam atau akuarium yang besar karena ikan ini akan tumbuh dengan fisik yang besar.

15. Ikan Hias Mas Koki

 Ikan Hias Mas Koki
Ikan Hias Mas Koki

Ikan hias Mas koki adalah ikan hias yang berasal dari negara China. Ikan hias ini termasuk dalam salah satu jenis ikan Mas. Ikan hias Koki ini memiliki jenis yang banyak sekali, bahkan tercatat ada sekitar 130-an jenis ikan Koki yang tersebar di seluruh dunia.

Ikan hias Koki merupakan salah satu jenis ikan hias yang paling banyak diminati oleh para pecinta ikan hias. Ikan ini memiliki bentuk yang bulat dan pendek. Hal ini membuatnya tampak lucu ketika berenang dengan lenggak lenggok layaknya model. Ikan Mas Koki memiliki nama latin Carassius Auratus.

Cara pemeliharaan dan perawatan:

Buatlah ikan Mas Koki beradaptasi dengan tempat barunya. Gunakan tempat yang layak untuk menampung ikan ini. Menempatkan ikan Koki dalam Toples sebagai hiasan ruang kerja sangatlah tidak baik untuk kebutuhan oksigennya.
Gunakan aerator untuk mencukupi kebutuhan oksigennya. Fungsi dari aerator adalah untuk mengalirkan udara ke air.

Tambahkan filter agar air selalu bersih dan jernih. Dengan begitu ikan pun akan lebih sehat. Berikan porsi makanan yang tepat. Pemberian makan untuk ikan Koki adalah 1x dalam sehari. Tambahkan lampu yang sesuai atau kerikil sebagai hiasan tambahan untuk mempercantik aquarium.